Jumat, 21 November 2008

Petilasan Prabu Anglingdarma


  • Prabu Anglingdarma adalah nama seorang tokoh legenda dalam tradisi Jawa, yang dianggap sebagai titisan Batara Wisnu. Salah satu keistimewaan tokoh ini adalah kemampuannya untuk mengetahui bahasa segala jenis binatang. Selain itu, ia juga disebut sebagai keturunan Arjuna, seorang tokoh utama dalam kisah Mahabharata . Prabu Anglingdarma konon merupakan keturunan ketujuh dari Arjuna, seorang tokoh utama dalam kisah Mahabharata. Hal ini dapat dimaklumi karena menurut tradisi Jawa, kisah Mahabharata dianggap benar-benar terjadi di Pulau Jawa.
  • Petilasan Prabu Anglingdarma tersebut terletak di Desa Mlawat, Kecamatan Sukolilo.
  • Jarak dari kota Pati kira-kira 17 Km kearah selatan menuju Kabupaten Grobogan.
  • ......situs terkait kisah Prabu Anglingdarma

13 komentar:

ELKO's blog mengatakan...

waduhh...yang bener yang mana nih bozz,setau saya prabu ANGLING DARMA itu bukan meninggal/wafat tapi muksa(menghilang). sedangkan malowopati yang sekarang bernama desa wotanngare ada di kecamatan kalitidu kabupaten bojonegoro. petilasannya pun ada di desa tersebut.(PUTRA MALOWOPATI)

Anonim mengatakan...

waduhh...yang bener yang mana nih bozz,setau saya prabu ANGLING DARMA itu bukan meninggal/wafat tapi muksa(menghilang). sedangkan malowopati yang sekarang bernama desa wotanngare ada di kecamatan kalitidu kabupaten bojonegoro. petilasannya pun ada di desa tersebut.(PUTRA MALOWOPATI)

KuliMaya mengatakan...

saya juga menemukan hal sama. di gunungkidul jogja juga ada petilasan ki ageng giring. sementara di wilayah pati juga ada. pernah saya bertanya pada orang tua tentang hal itu, dan jawabnya: semua bisa jadi benar, tapi bisa juga salah. harus ada pembuktian yang valid sementara banyak yang ahli dibidang itu malah tidak peduli.
@ELKO: terimakasih untuk komentnya. ada kemungkinan juga kalau tokoh2 itu mampir di suatu daerah dan masyarakat di daerah itu kemudian membuat semacam tugu untuk mengenang tokoh itu. tugu2 itu kemudian tetap di rawat dan kemudian ceritanya juga ditularkan turun-menurun. kemudian tempat yang dikenang itu jadilah petilasan.
ini hanya dugaan saja, selebihnya mari kita telusuri.

salam
kindarto

maaf blog ini sudah lama tidak bisa saya buka. saya tidak tau apa penyebabnya. hingga ini tadi saya coba lagi tetapi tetap tidak bisa.

OSIS SMP 9 Semarang mengatakan...

Mengenai situs kraton Malawapati, sudah ditemukan di Desa Wotan Ngare, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Dan memang benar adanya bahwa Kerajaan Malawapati merupakan wilayah yang membentang dari Bojonegoro barat hingga Blora Tengah (Kecamatan Kota Blora, Banjarejo, Jepon, Jiken, Sambong, Cepu, dan Randublatung. Kerajaan beliau bertetangga dengan Kerajaan Bojonegoro, milik mertuanya (Prabu Basunanda) yang membentang dari Bojonegoro Timur hingga Lamongan Barat. Hal-hal ini sudah diteliti secara arkeologis oleh para ahli arkeologi (arkeolog). Mengenai hilangnya beliau, memang sudah pernah tersurat di dalam sebuah kitab lontar yang saat ini ada di Pulau Bali, bahwa beliau muksa, bukan wafat. Sama halnya dengan Prabu Silihwangi, Prabu Brawijaya, dan Gajah Mada. Muksa bukanlah suatu hal yang mustahil di masa lampau, mengingat masih adanya beberapa tokoh yang berhati suci yang ada di masa lampau tersebut. Semoga hal-hal ini dapat membuka cakrawala pemahaman tentang Sang Prabu Angling Dharma (Sri Prabu Aji Dharma).
ADIPATI SASRABAHU.

kundalini mengatakan...

Osis smp 9 semarang ..... jwb nya lugas dan mantap

bigbang mengatakan...

Sekedar info gan... Memang banyak yang meklaim daerah keberadaan kerajaan malowopati... Di daerah dekat kampung saya... Ada dukuh yang bernama Malowopati. Desa sambonganyar, kec. Ngawen kab.blora. Mungkin itu salah satunya. Disana ada semacam punden gitu gan. Dan juga kolam pemandian yang menurut kami sudah berumur ratusan taun.. yang selama ini belum pernah terekspose oleh warga luar daerah..

Unknown mengatakan...

Anda benar mas bambang, bukan hanya malwopati di desa sambongng, ada juga nama2 desa tetangga yg sama seperti kerajaan anggling darma yg dahulu, desa trsbt adalah,randu alas =alas randu, pitu=sawo kepitu

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

Safaudin mengatakan...

Malwopati itu di melawat Baleadi Sukolilo Pati dan Patih batik madrim di desa Kedung Winong Pati

Romone Arthur mengatakan...

Yah, namanya petilasan bisa dimana aja,, secara prabu angling dharma sering berkelana,, yah sangat mungkin bnyak petilasannya...makam juga salah satu fungsinya kan untuk penghormatan/mengenang seseorang yg di makamkan raganya dlm hini(makam),, petilasan juga ada memiliki salah satu fungsi yang sama yaitu sbg penanda/tetenger/pengingat... Mhn maaf kl ada yg krg berkenan.

Unknown mengatakan...

Di daerah saya di desa bojonegoro temanggung juga tempat makam Angling Dharma atau Syech Ibrohim keturunan Arjuno tempat makam di tengah sawah angker tempatnya

jho singkek mengatakan...

Perlu penelitian yg mendalam untuk mengungkap sebuah kebenaran masa lampao .sdh shrs nya pemerinth lah yg wajib mencari menelusuri bukti2 sejarah sbgi tauladan bagi generasi mrndatang dan sebagai identitas bagsa ini

Angling darma mengatakan...

Betul saya setuju bgt dgn anda